Rahasia Harta Virtual

Banner Formula Harta Virtual

Rahasia Beramal Virtual

Rahasia Aset Virtual

Rahasia Terminal Marketing

Sabtu, 16 Oktober 2010

Motivasi Menghafal Al-Quran

AKU JADI MALU NIH ....

Renungan dikutip dari http://sendiriku.wordpress.com

Seperti hari-hari biasanya, ku usahakan tiap ba’da shubuh play radio ndengerin kajian pagi di sebuah radio islam Manajemen Hati Solo. Yach…beginilah, karena g bisa ikut kajian live di masjid tidaklah mengapa yang penting ilmunya

Kajian ini merelay dari radio MQ FM Bandung langsung dari Masjid Daarut Tauhid Bandung bersama AA Gym dan Ust. Yusuf Manshur. Kali ini akan aku sampaikan sedikit ilmu yang masih aku ingat. Semoga menjadi motivasi kita bersama.

Dalam kajian ini, Ustd. Yusuf Manshur membawa beberapa santrinya yang hafal al Qur’an antara lain:

  1. Farhan, Fahmi dan Namira. Mereka kakak adik masih berumur antara 7-10 thn. Mereka belajar menghafal al Qur’an sejak kecil dengan didatangkan guru ngaji privat ke rumah. Dengan bantuan perhatian dan ketekunan guru mereka dan tentunya orang tua mereka, sekarang mereka semakin cinta dan senang terhadap al Qur’an daripada bermain yang tidak ada manfaatnya. Motivasi yang membuat mereka jadi seperti itu adalah Ayahnya berkeinginan nantinya anak-anak yang terlahir dari rahim istrinya adalah anak-anak yang sholeh yang selalu mendokan kedua orang tuanya. Karena kalau kita sudah dipanggil sama Allah Swt tidak ada yang bisa kita bawa selain amal kebaikan yang sudah kita tanam selama didunia dan tentunya anak sholeh yang senantiasa mendoakan kita. Subhanallah….
  2. Ustad. Awaludin (Hafal 30 juz), seorang tuna netra sejak kecil. Dengan ketekunan dan kesabarannya beliau hafal al Qur’an dalam waktu 2 tahun mulai umur 20 tahun. Hmm…hebat kan?? kita yang ‘melek’ saja belum tentu bisa seperti beliau. Astaghfirullahh….semoga Allah Swt mengampuni.

Tips-tips agar mudah dalam menghafal Al Qur’an:

  • BERDOA, karena dengan meminta hanya kepada Allah insyaAllah akan dikabulkan permintaan kita kalu kita mau berikhtiar dengan sungguh-sungguh.
  • TEKAD, dengan tekad yang menghujam dalam dada berazam agar dimudahkan dalam berikhtiar. Karena dengan tekad yang kuat akan membuat kita semakin bersemangat untuk meraihnya.
  • ISTIQOMAH, menghafal al Qur’an harus telaten dan berkelanjutan. Satu persatu ayat dihafalkan dan dipahami. Tiada hari tanpa membaca al Qur’an….
  • SABAR dalam ikhtiar, harus hati-hati dan sabar dalam menghafal satu-persatu ayat. Setiap ayat dibaca 10 kali sekali duduk kemudian diulang-ulang sampai hafal diluar kepala.

Hikmah yang bisa kita ambil dari teladan diatas adalah bahwa kita sebagai umat Islam sudah seharusnyalah rajin membaca al Qur’an lebih baik lagi menghafal al Qur’an. Dari kekurangan yang mereka miliki (cacat fisik misalnya..) tapi mereka berprestasi dan hafizd al Qur’an bukan seperti kita yang terlahir sempurna tanpa kekurangan. Kapan ya aku bisa melakukannya??

1 komentar:

  1. masyaAllah...semoga kita semua dimudahkan untuk mewujudkan cinta kita pada kitab paling mulia dunia wal akhir...
    aamiin.
    Yuk berusaha sekuat tenaga mewujudkannya.

    BalasHapus